Sidang Skripsimu Telah Selesai, Apa Yang Harus Kamu Lakukan?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto : pexels.com/Eric Bailey

UNAIR NEWS –  Skripsi adalah tugas akhir bagi mahasiswa strata 1. Agar bisa diwisuda, mahasiswa harus lebih dulu melalui fase pembuatan skripsi. Tidak sedikit yang berpikir, bahwa tidak ada lagi hal yang harus dikerjakan ketika sidang skripsi telah dilewati. pikiran itu salah!

Sebab, masih banyak hal yang perlu dilakukan setelah sidang skripsi selesai. Berikut hal-hal yang perlu dikerjakan setelah sidang skripsi.

1. Revisi dan bertemu dosen pembimbing dan dosen penguji

Naskah skripsi yang kita sampaikan saat sidang tentu tidak sempurna. Sehingga usai sidang, revisi sudah menanti. Kita akan kembali menemui dosen pembimbing dan dosen penguji. Kemudian, mendapat persetujuan atas revisi yang sudah kita kerjakan. Jadi, setelah sidang, kita masih harus memutar otak untuk memperbaikan skripsi. Jangan terlalu cepat bahagia.

2. Menyelesaikan administrasi

Segala hal yang berkaitan dengan administrasi seringkali rumit dan bertele-tele. Maka setelah sidang, segera selesaikan semua masalah administrasi. Biar tidak berlarut-larut dan justru memakan lebih banyak waktu. Contohnya, persoalan terkait pinjam meminjam baik di laboratorium maupun perpustakaan kampus. Karena, hal ini malah bisa jadi penghambat kelulusan. Perlu segera diselesaikan.

3. Memberikan kenang-kenangan untuk dosen pembimbing

Tidak bisa dipungkiri, dosen pembimbing adalah sosok yang paling membantu proses penyelesaian skripsi. Maka, ketika skripsi kita telah selesai, perlu ada ucapan terima kasih berupa kanang-kenagan untuk dosen pembimbing. Mudah-mudahan kita tergolong sebagai mahasiswa yang suka berterimakasih.

4. Jangan pernah menunda sesuatu

Penting bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang skripsi, agar tidak menunda semua hal-hal yang masih menjadi kewajiban. Apa itu? di antaranya, tiga hal yang disebutkan di atas tadi Karena semakin kita menunda, bisa semakin tertunda pula kelulusan kita. (*)

Penulis: Okky Putri Rahayu
Editor: Rio F. Rachman

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu