Aktif Berorganisasi, Jangan Jadi Mahasiswa “Kupu-Kupu”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Faris (dua dari kiri) saat di Thailand mengikuti Internasional Workshop. Dia termasuk mahasiswa yang aktif berorganisasi. (Foto: Dokumentasi Faris)

UNAIR NEWS – Menjadi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kampus dan beroganisasi sangat menunjang karir di masa mendatang. Sebab, berorganisasi akan mengasah softskill  yang ada dalam diri masing-masing. Sayangnya, tak banyak mahasiswa yang mau untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam mengembangkan softskil. Sebaliknya, malah asyik menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang).

Wakil BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Perikanan dan Kelauatan Unair, Faris Kukuh Harwinda, mengungkapkan, aktif beroganisasi di masa-masa kuliah mempunyai banyak manfaat. “Dengan berorganisasi kita belajar memecahkan ragam masalah. Tidak hanya berkutat soal akademik bangku kelas kuliah,” kata dia. “Selain itu, berorganisasi juga membuka peluang kita untuk bisa berkenalan dengan orang-orang hebat,” imbuh staf LPM Mercusuar UNAIR tersebut.

Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Antara lain, soal niat. Ya, niatkan semua yang kita lakukan adalah untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater. Selalu resapi motivasi ini ketika akan berkegiatan.

Di samping itu, biasakanlah untuk tidak sering pulang ke rumah atau kost. Berkegiatan yang positif di kampus akan lebih membentuk diri menjadi seseorang yang berkarakter. Kalau rasa malas mulai menghantui, ingatlah orang tua yang sudah membiayai kehidupan sejak kecil. “Bila semua dilakukan berdasarkan passion, pasti akan lebih enjoy,” tambahnya.

Jadilah mahasiswa yang cerdas baik di sisi akedemik maupun non akademik. Di luar sana, ada banyak yang memiliki nilai akademik baik. Maka, jadilah berbeda dengan kapabilitas poin non akademik. salah satunya, dengan berorganisasi.

Penulis: Silda Damayanti
Editor: Rio F. Rachman

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu