Airlangga Model United Nation Club, Belajar Berdiplomasi Hingga Ke Tingkat Global

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
AIRMUN Club melakukan kunjungan ke kantor VoA. (foto: Dok. AIRMUN)

UNAIR NEWS – Menjadi delegasi di kompetisi bidang diplomasi dan negosiasi level internasional adalah sebuah kebanggaan. Namun, untuk bisa meraihnya, dibutuhkan proses yang tidak gampang. Salah satu proses yang bisa ditempuh adalah dengan membentuk komunitas dengan visi jelas.

Di Universitas Airlangga (UNAIR), terdapat satu komunitas bernama Airlangga Model United Nation (AIRMUN) club. Perkumpulan ini berdiri pada tanggal 27 Juni 2012. Mahasiswa yang tergabung dalam AIRMUN Club akan belajar bagaimana cara menjadi delegasi internasional, debat, dan membahas isu-isu global dengan model konferensi PBB atau United Nation (UN).

“AIRMUN Club merupakan wadah untuk menyatukan mahasiswa-mahasiswa UNAIR yang tertarik  dalam diplomasi, debat, dan isu-isu global,” tutur Nadia Hartono selaku Presiden AIRMUN Club.

Menurut Nadia, ada tiga ajang lomba dengan model konferensi UN. Yakni, Harvard National Model United Nations (HNMUN), London International Model United Nations (LIMUN), World Model United Nations (WMUN), dan Asia-Pacific Model United Nations (AMUN).

Anggota AIRMUN Club sudah mencapai 60 orang dan akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya minat mahasiswa UNAIR untuk bergabung dan menjadi delegasi UNAIR dalam Model UN. Selain melakukan persiapan untuk mengikuti ketiga model UN, anggota AIRMUN Club juga melakukan pertemuan rutin untuk membahas isu-isu global seperti kasus HAM di Afrika yang disebut ‘Weekly Roundtable’.

Kegiatan selanjutnya disebut ‘AIRMUN Club Review’ berupa publikasi artikel tentang kebijakan luar negeri, kebijakan internasional, aktivitas yang dilakukan oleh organisasi internasional yang dipublikasikan di website AIRMUN Club yang akan dilaksanakan tahun 2015. Publikasi tersebut dilakukan oleh anggota AIRMUN Club dengan panjang naskah dari 600 kata hingga 2500 kata. (*)

Penulis: Warta UNAIR
Editor: Defrina S. Satiti

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu