Kantin FKG Bersertifikat Laik Hygiene Sanitasi dari Dinkes

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
kantin-FKG
Salah satu sudut kantin FKG UNAIR yang tersertifikasi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. (Foto: Ahalla Tsauro/UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sejak tahun 2013 kantin FKG di Kampus A UNAIR ini memiliki sertifikasi Laik Hygiene Sanitasi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Tentu saja, sertifikasi ini untuk menunjang kesehatan serta kelayakan menu makanan dan minuman yang disajikan.

Pentingnya sertifikasi ini dilandasi oleh Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1098/MENKES/SK/VII/2003 tentang “Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran”. Sertifikat laik sehat rumah makan/restoran adalah surat tanda bukti yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota kepada rumah makan/restoran yang telah memenuhi persyaratan kesehatan.

Syarat kesehatan tersebut meliputi lokasi dan bangunan, fasilitas sanitasi, dapur dan gudang penyimpanan, pengelolaan bahan makanan dan makanan jadi, peralatan dan tenaga baik secara fisik maupun bakteriologis, dan pengawasan serangga tikus dan hewan piaraan.

“Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam menyajikan kantin yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Khususnya, dengan memperhatikan aspek kesehatan sebagai faktor utama. Selain itu, ada pula pelatihan untuk para penjual di sana agar secara konsisten memberi perhatian pada kehigienisan makanan dan minuman, ” tutur Drs. Abdul Basith, Kabag Keuangan FKG UNAIR.

Susi Erni, salah satu pemilik stan di kantin FKG menilai, pelatihan itu memberikan pengetahuan baru bagi dia dan rekan-rekannya sesama pedagang. Sementara menurut alumnus FKG Imam Mahmuda, sertifikasi membuat mahasiswa yakin kalau makanan yang dibeli tidak berbahaya untuk tubuh. (*)

Penulis: Ahalla Tsauro
Editor: Binti Quryatul

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu