Melakukan Penelitian dan Berwirausaha dengan Tumbuhan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
berita-botani-dokumentasi-UNAIR
Sejumlah mahasiswa Himbio anggota KS Botani. (Foto: Dokumentasi UNAIR)

UNAIR NEWS – Botani merupakan salah satu cabang ilmu hayati yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan. Mulai dari anatomi, morfologi, taksonomi tumbuhan, hingga bioteknologi tumbuhan.

Himpunan mahasiswa biologi (Himbio) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR memiliki suatu kelompok studi (KS) yang bernama Botani. KS Botani dibentuk untuk mewadahi minat para mahasiswa Biologi yang memiliki perhatian khusus terhadap tumbuhan. Sebelum bernama KS Botani, kelompok studi ini bernama KS Flora.

KS Flora dibentuk pada tahun 1997 oleh pengurus Himbio angkatan 1995. Namun, karena alasan ruang lingkup kegiatan masih sempit, nama Flora diganti menjadi Botani pada 2 Februari 2011.

Komunitas ini memiliki empat divisi. Yakni, divisi hubungan masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, penelitian, dan kewirausahaan. Di bidang penelitian, KS Botani aktif melakukan pendataan tumbuh-tumbuhan di lingkungan FST dan kampus C UNAIR. Sedangkan di bidang kewirausahaan, komunitas ini menjual koleksi terarium (model tanaman hias di wadah yang tembus pandang) dan herbarium (tumbuhan yang diawetkan). Koleksi terarium dan herbarium tak sulit untuk dirawat. Tumbuhan cukup disiram dengan air dalam frekuensi yang tak sebentar.

Salah satu program KS Botani yang sedang berjalan adalah penataan green house di FST UNAIR. Rencananya, green house digunakan sebagai ruangan untuk menyimpan koleksi tanaman milik botani. (*)

Penulis: Warta UNAIR

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu