Calisthenics Mengajak Hidup Sehat dengan Street Workout

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Calisthenics
Airlangga Calisthenics ketika berlatih di Taman Prestasi Surabaya. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Begitulah sebuah ungkapan berbunyi. Hidup ini penuh dengan berbagai tantangan dan persoalan. Untuk menyelesaikannya, manusia memerlukan kesehatan raga dan jiwa yang selaras. Itulah yang menjadi motivasi setiap anggota Airlangga Calisthenics.

Komunitas ini berawal dari persahabatan tiga mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa kelompok bela diri di UNAIR. Ketiganya menggemari olahraga tipe kalistenik, hingga terbentuklah komunitas Airlangga Calisthenics pada 28 Mei 2013 atas gagasan Dhimas Prasetya Ramadhan, mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga angkatan 2008. Mulai saat itu mereka berolahraga dengan memanfaatkan tonggak besi dan fasilitas di Taman Keputran Surabaya.

“Kita udah dua tahun terbentuk. Dulu kita latihan pertama kali di Taman Keputran. Lama-lama banyak orang yang tertarik dan gabung,” tutur Paksitya Purnama Putra, koordinator Airlangga Calisthenics.

Airlangga Calisthenic adalah komunitas street workout pertama yang ada di Surabaya. Komunitas ini berolahraga dengan memanfaatkan berat tubuh dan mempergunakan alat seadanya. Selain fokus pada olah kekuatan fisik, mereka juga berkreasi dengan tonggak besi dan fasilitas lain di taman-taman Suarabaya. Berbagai latihan otot mereka lakukan,mulai dari push up, pull up, dips, plank, dan gerakan workout lainnya.

Latihan rutin diprogramkan lima kali dalam seminggu yang berlokasi di Taman Prestasi Surabaya. Sebelum menempati Taman Prestasi, mereka berlatih di Lapangan KONI Jatim. Oleh karenanya, tak jarang atlet KONI turut serta bergabung dengan Airlangga Calisthenics.

“Kita juga ngajarin temen-emen untuk berorganisasi dan bersosialisasi. Komunitas ini tempat sharing temen-temen atlet,” ujar Paksitya yang akrab dipanggil Pay ini. (*)

Penulis: Hasan
Editor: Defrina Sukma S

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu