Lawan Mahasiswa Tingkat Akhir, Maba Sabet Juara Esai

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
berita-Lawan-Mahasiswa-Tingkat-Akhir,-Maba-Unair-Sabet-Juara-Esai
Tim Esai Maba Ilmu Komunikasi (Dari kiri) Bayu Mahardika, Anas Nur Fadhilah, Galih Priambodo, Sintya Tifani dan Manik Madyni sesaat setelah dinyatakan sebagai Juara I. (Foto: Istimewa)

Satria Airlangga tak hentinya menorehkan prestasi yang membanggakan. Meskipun masih terhitung sebagai Mahasiswa Baru (Maba), tim esai dari Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNAIR berhasil memboyong juara dalam ajang “Happysmart Competition with Happyfresh” yang diadakan oleh Happyfresh di wisma Jerman pada 28 November 2015. Kompetisi esai tingkat perguruan tinggi se-regional Surabaya ini mengangkat tema tentang solusi untuk permasalah kota Surabaya.

“Di kompetisi ini, kami satu-satunya tim yang anggotanya maba semua. Peserta lain rata-rata semester tujuh dan semester akhir. Jadi waktu masuk ruangan, sudah kelihatan kalau kami masih maba. Tapi kami tetap percaya diri,” ujar Bayu Mahardika yang juga ketua tim esai.

Melalui esainya yang berjudul “IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal”, Bayu bersama empat rekannya, Galih Priambodo, Anas Nur Fadhilah, Nanik Nadyni, dan Sintya Tifani Sari, merancang program sanitasi dengan menanggulangi limbah yang mencemari sungai Surabaya. Terutama, tinja yang langsung dibuang ke sungai. Melalui program ini, kotoran yang menumpuk diolah dengan cara bertahap sehingga berubah menjadi wujud air. Baru kemudian dialirkan ke sungai sehingga mengurangi pencemaran.

Dalam mempersiapkan programnya, Bayu dan tim melakukan survey dan mengumpulkan data tentang pengolahan air di Surabaya. Mereka menyusuri sungai Surabaya dan menghimpun data dari kantor PDAM Surabaya. Setelah menganalisis data bersama tim, mereka menemukan IPAL Komunal sebagai solusi atas sanitasi sungai Surabaya. (has/nui).

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu