Gema, Komposer yang Terus Menggema Asal FIB

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Gema-bersiap-main
Berdiri didepan piano, Gema Swaratyagita bersiap untuk bermain musik. (Foto: Dok. Pribadi)

Memutuskan keluar dari jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak lantas membuat Gema Swaratyagita kehilangan karir dan pekerjaan. Justru, dari situ ia percaya bahwa setiap orang harus rela mengambil resiko untuk passion yang memang ia inginkan.

Alumni jurusan Sastra Indonesia 2008 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNAIR ini berhasil membuktikan bahwa bakat musik yang serius ia tekuni berhasil mengantarkannya menuju mimpi-mimpinya selama ini. Hingga kini, karirnya di bidang seni dan musik berjalan mulus. Seiring dengan karya-karyanya yang semakin meluas.

Gema Swaratyagita, merupakan salah satu komposer yang cukup diperhitungkan di Indonesia. Pada Januari silam, Gema terpilih dari delapan komposer Indonesia yang diundang oleh kelompok Ensemble Modern di Frankfurt, Jerman. Karya-karya Gema dan tujuh komposer lainnya dibawakan secara langsung oleh Ensemble Modern, begitu juga sebaliknya. Tentunya, capaian ini bukan begitu saja terjadi tanpa adanya berbagai usaha dan pengorbanan.

Berbagai penghargaan telah diraih perempuan kelahiran Jakarta, 8 Januari 1984 ini. Diantara penghargaan-penghargaan itu adalah The Best 7 dari “Festival Musik Tradisi Baru Tembi” yang diadakan oleh Rumah Budaya Tembi Yogyakarta tahun 2014, Collaborator Participant of City Soundscape Project 2012 yang diselenggarakan oleh Piet Hein Van de Poul. Ia juga tercatat sebagai juara I Lomba Menulis Lagu untuk guru dengan judul “Raih Mimpiku” yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Sejak 2012 hingga saat ini, Gema merupakan direktur Laring Project, sebuah lembaga aktivitas seni dan musik.

“Laring sebagai sumber bunyi di tubuh manusia. Kalau nggak ada laring, kita nggakakan bisa bersuara. Akhirnya aku berfokus bahwa laring adalah eksplorasi bunyi apapun. Tidak harus instrumentik,” papar Gema mengenai inspirasi pemberian nama Laring Project, lembaga yang ia dirikan. (bin/bes)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu