Rektor Ajak Pejabat Baru Tingkatkan Kualitas Kampus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor-UNAIR-Lantik-324-Pejabat-Departemen
Acara pelantikan 324 kepala dan sekretaris departemen, serta koordinator program studi baru, Rabu (30/12). (Foto: UnairNews.com)

SURABAYA – Rektor Universitas Airlangga (Unair) , Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak., melantik sejumlah 324 kepala dan sekretaris departemen, serta koordinator program studi baru. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Unair, Rabu (30/12). Pelantikan itu dihadiri oleh Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor, Direktur dan Ketua Lembaga, Dekanat seluruh fakultas, dan perwakilan Ikatan Alumni Unair (IKA-UA).

Dalam sambutannya, Rektor Unair mengingatkan kembali tugas-tugas yang mesti diselesaikan bersama. Misalnya, target 90% program studi harus terakreditasi A pada tahun 2016. Lantas, 30% dari anggota departemen harus memiliki jurnal penelitian yang terindeks Scopus. “Mari sejak awal kita luruskan niat, secara bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur Rektor.

Menanggapi target yang ditetapkan, Kepala Departemen Forensik dan Medikolegal (DFM), Fakultas Kedokteran, Edy Suyanto, dr., Sp.F., S.H., M.H.Kes, menyatakan, sudah ada langkah strategis yang siap ditempuh.

“Kita harus memperbaiki sistem terlebih dahulu. Dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas. Kalau di DFM, kami memang sedang mengembangkan hukum kedokteran. DFM kan memang sudah go international. Kami juga bergabung dengan DVI,” tutur Edy.

Genjot Publikasi

Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh., DTAPH, yang dilantik menjadi Kepala Departemen Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, berpendapat, target publikasi di jurnal internasional harus didukung segenap sivitas akademika.

“Pertama, kita harus memotivasi semua anggota departemen untuk melakukan penelitian. Kita ingatkan bahwa hasil penelitian itu bukan hanya penelitian saja, tapi juga harus terpublikasi. Kalau itu setuju, nah itu bukan hal yang mustahil,” ujar Mustofa. “Sebenarnya, kita (anggota departemen) aktif melakukan penelitian. Tapi, mungkin kurang terekspose. Sekarang ini kan ada target yang harus dicapai, yaitu publikasi penelitian. Insya Allah kita bisa lah untuk memenuhi target dari Rektor UNAIR,” imbuh Mustofa.

Kepala Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, UNAIR, Dra. Dwi Handayani., M.Hum, mengatakan, departemen yang dipimpinnya sedang berupaya untuk memperbaiki nilai akreditasi dari B ke A. “Mudah-mudahan bisa mencapai A seperti harapan UNAIR. Tahun 2016, saya berharap bahwa kami bisa menjangkau jurnal internasional yang terindeks Scopus,” tutur Handayani. (dss)

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu