Awardee LPDP Unair: Menguatkan Hubungan Melalui Kopdar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
LPDP
Para awardee LPDP Unair melakukan foto bersama di sela-sela pertemuan 6 Desember lalu. (Foto: Unairnews.com)

SURABAYA – Di lingkup Universitas Airlangga (Unair), terdapat lebih dari 20 mahasiswa yang menempuh studi dengan status penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Dalam Negeri dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Mereka tersebar di seluruh fakultas yang ada di kampus ini. Ada yang menempuh program magister, profesi dokter spesialis, dan doktoral. Ada yang melalui jalur afirmasi, ada pula yang lewat jalur reguler.

Sebagai mahasiswa yang belajar dengan beasiswa negara, para awardee LPDP berupaya memberi sumbangsih nyata di masyarakat. Program kongkret tersebut kerap dirumuskan melalui pertemuan atau Kopi Darat (Kopdar) secara kontinyu.

“Kami sudah beberapa kali melaksanakan Kopdar. Pertama, pada 17 Oktiber. Kedua, pada 6 November. Ketiga dan terakhir, pada Minggu 6 Desember lalu di Gazebo Fakultas Psikologi. Dalam waktu dekat, sesudah UAS, pertemuaan akan kami laksanakan kembali,” tutur Koordinator Awardee LPDP Unair Muhammad Hamzah Solim.

Dia memastikan, Kopdar yang dilakukan bukan sekadar acara kongkow dan cangkrukan. Lebih dari itu, dilaksanakan diskusi untuk menjalankan sejumlah gagasan yang sifatnya sosial dan penyuluhan.

Sebagai misal, dalam Kopdar yang lalu (6/12), para awardee sepakat untuk mendukung pengadaan Scholarship Corner. Mereka siap turut “menghidupkan” tempat jujukan informasi beasiswa tersebut.

“Rencananya, di Unair akan ada Scholarship Corner. Nah, untuk merealisasikannya, kami siap diajak tukar pikiran dengan pihak kampus. Kami juga berkenan menjadi bagian dari pengurus di sana dengan bersinergi bersama mahasiswa yang lain,” tegas Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi tersebut.

Para awardee berencana membuat sebuah buku yang berisi catatan dan kisah inspiratif semua penerima beasiswa LPDP di Unair. Saat ini, buku tersebut sudah masuk dalam proses pengumpulan materi. Mudah-mudahan, awal tahun depan kumpulan cerita itu dapat diterbitkan. Mereka berharap, buku itu bisa menjadi sarana berbagi cerita dan bermanfaat bagi para pembacanya.

Kegiatan Kopdar yang rutin digelar ini pasti akan meningkatkan rasa persaudaraan antara para penerima beasiswa. Pertemuan semacam ini juga ajang perkenalan. “Kami berasal dari angkatan PK (Program Kepemimpinan atau Persiapan Keberangkatan) yang berbeda. Jadi, tidak semua pernah bertatap muka. Acara Kopdar pasti membuaat kami lebih akrab,” tambahnya.

Selama ini, awardee LPDP Unair selalu berperan aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh awardee LPDP East Java (Jawa Timur). Misalnya, ikut melakukan sosialisasi beasiswa di kampus-kampus maupun pameran pendidikan. Kegiatan itu sudah dilaksanakan selama dua tahun belakangan ini.

Selain sosialisasi di Surabaya, awardee LPDP East Java sudah pernah berkunjung ke Madura, Malang, Kediri, Jombang, Madiun, dan lain sebagainya. Awardee LPDP East Java terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa di kampus-kampus negeri Jawa Timur. Antara lain, ITS, Unair, Universitas Negeri Surabaya, UIN Sunan Ampel, dan Universitas Brawijaya.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu